Foodnetwork: Bisakah Wolffia menjadi Superfood Masa Depan?

tumis Wolffia - masak Wolffia untuk manusia
Foto Msakan Olahan Wolffia


Salah satu spesies duckweed yang disebut sebagai tanaman buah terkecil di dunia yaitu Wolffia ternyata diprediksi sebagai salah satu superfood masa depan. Hal ini tidaklah mengejutkan karena menurut sebuah penelitian di India dan Jerman yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry, Wolffia yang memiliki rasa mirip selada air ini mengandung protein dan asam lemak omega-3.

Nutrisinya setara dengan kedelai tapi lebih mudah dikembangkan (tanpa memerlukan lahan pertanian). Peneliti mengatakan bahwa Wolffia Globosa paling bagus untuk smoothie atau makanan panggang (bebas gluten). 

Wolffia yang dapat menjernihkan air ini juga dapat menghasilkan bio etanol. Oleh karena itu, perlu diperhatikan dimana Wolffia tumbuh dan jangan asal memasaknya jika lingkungan air tidak sehat.

Di beberapa negara, Wolffia dimasak layaknya sayur dan diolah menjadi berbagai makanan menjadi sup, salad, hingga omelet. Jika Anda ingin tahu salah satu resep masakan Wolffia, silahkan merujuk pada artikel berikut: Asian Watermeal ( Gang Kai Pum )

sumber: https://www.foodnetwork.com/fn-dish/news/2017/05/could-the-worlds-smallest-fruit-be-the-next-big-superfood 

Komentar