Spirodela, Mirip Lemna tapi Lebih Tebal dan Tekstur Keras


Spirodela adalah tanaman air sejenis lemna minor (duckweed) satu diantara 40 jenis lainnya. Bentuknya mirip dengan lemna minor, pembedanya adalah:
1. Daun oval warna hijau lebih tebal, dan bagian bawah berwarna ungu bergerombol lebih banyak daripada lemna yang terbatas 4 helai saja.
2. Akar berwarna ungu dan lebih banyak serta lebih panjang dari lemna minor.

Menurut penelitian, keberadaan spirodela tidak jauh dengan lemna minor, punya kandungan protein mencapai 43% (tergantung kesuburan tanaman/media airnya). Cara budidaya pun sama mudahnya dengan lemna minor, bahkan boleh dibilang lebih mudah karena daun lebih tebal dan lebih besar dari lemna.



Kandungan protein spirodela setara dengan lemna minor (duckweed) tergantung media tanamnya, tapi jauh lebih mudah dibudidayakan, bisa di kolam tanah, terpal, plastik, maupun nampan. Air kolam bisa diberi pupuk organik maupun pupuk buatan agar spirodela bisa berkembang pesat.

Kami sangat merekomendasikan tanaman ini karena daun lebih tebal, lebih hijau, akar lebih panjang, dan budidaya lebih mudah daripada lemna minor.


Fungsi utama spirodela kurang lebih sama seperti tanaman paku air lainnya, yaitu digunakan sebagai pakan alternatif ternak.berupa ikan maupun unggas. Kami juga telah melakukan percobaan kecil dengan memberi makan bebek dengan spirodela dicampur dengan beberapa asupan tambahan. Lebih detail cara pemberian pakan ke bebek dapat disimak di video berikut.


Semoga informasi kami bermanfaat ^^

Bagi Anda yang tertarik untuk membudidayakan spirodela, bisa cek ke toko atau sosial media kami di..
YouTube    : https://www.youtube.com/channel/UCdULZlLSTrfXu3wz4FKbT9A
Instagram  : https://www.instagram.com/azola_purwodadi
Tokopedia : https://www.tokopedia.com/azolapurwodadi
Bukalapak : https://www.bukalapak.com/u/azola_pwdd
Shopee       : https://shopee.co.id/azola_pwdd
Phone/WA : +62 853-2527-0439

Komentar

  1. Bagaimana hasil dari bebek stelah di kasih makan spirodela?
    Krna saya ingin mencobanya untuk bebek petelur....
    Mohon di jawab

    BalasHapus

Posting Komentar